Asal Usul Nama Desa Wringinputih Muncar

Peta Desa Wringinputih Kecamatan Muncar photo by @malisaifudin, Instagram @triptelukbiru
Asal Usul Desa Wringinputih Kecamatan Muncar.
Kalau orang mendengar kata Wringinputih, yang terbayang adalah Pohon Beringin yang berwarna Putih. Ya silakan berkunjung ke Balai Desa Wringinputih, Tepat didepan Balai Desa Wringinputih berdiri kokoh pohon Beringin yang berwarna putih. Pohon ini ditaman semenjak Wringinputih menjadi nama Desa pada tahun 1995.

Konon, Pada Jaman Dulu Kala, (film Upin Ipin) di Ujung Timur Pulau Jawa, tepatnya di sekitar Muara Sungai Setail, dusun Krajan, ada sebuah Rawa, atau Blumbang yang di sekitar Rawa atau Blumbang tersebut ada sebuah Pohon Beringin Besar yang berwarna Putih.

Lambat laun penduduk sekitar menyebut wilayah tersebut dengan nama Wringinputih, tetapi bukan nama sebuah Desa, hanya nama penyebutan wilayah. Ada juga penduduk yang menyebutnya Mbabatan Wringinputih.

Secara administratif nama Wringinputih menjadi Desa Wringinputih pada tanggal 17 Januari 1995. Hal ini berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah (KDH) Tingkat I Jawa Timur Nomor 7 Tahun 1995 tentang Penetapan Desa Persiapan Wringinputih Menjadi Desa Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Daerah Tingkat II Banyuwangi.
Peta Letak Desa Wringinputih Kec. Muncar Kab. Banyuwangi photo by google

Filosofi Nama Desa Wringinputih.
Menurut Penulis, Nama Wringinputih sangat bernilai filosofi tinggi. Wringin, Ringin atau Beringin bermakna "Mengayomi" masyarakat atau penduduk. Putih berarti "suci". Artinya siapapun yang menjadi "Pengayom, Pemimpin, atau Kepala Desa" di Desa Wringinputih harus "suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan" (kayak Dasa Darma Pramuka).

Siapapun yang menjadi Pemimpin, Kepala Desa di Desa Wringinputih yang mampu mengayomi serta bersifat jujur dan bersih, pasti akan dapat melaksanakan amanah sampai pada batas periode yang  telah ditentukan.

Desa Wringinputih Kecamatan Muncar berjarak ± 38 KM dari Pusat Kota Kabupaten Banyuwangi. Batas Desa Wringinputih sebelah Utara berbatasan dengan Desa Kedungringin, di sebelah Selatan Berbatasan dengan Desa Kedunggebang dan Desa Kedungsumur, di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sumberberas, Sedangkan di Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Bali dan Teluk Pangpang.

NOTE
SK Gubernur Jawa Timur tentang Pembentukan Desa Wringinputih silakan download Disini.
Previous
Next Post »