Akses Masuk Taman Nasional Alas Purwo Tegaldlimo

Pintu Masuk Menuju ke Taman Nasional Alas Purwo Tegaldlimo
Aksesibilitas Menuju Ke Taman Nasional Alas Purwo

Kawasan TN. Alas Purwo dapat ditempuh dari beberapa kota besar seperti dari Banyuwangi dan Jember. Sedangkan khusus ke Plengkung dapat ditempuh lewat darat maupun lewat laut dari Grajagan dan Bali.

Terdapat 4 (empat) alternatif jalur menuju Taman Nasional Alas Purwo yaitu ;
Peta Akses ke Taman Nasional Alas Purwo photo by TN Alas Purwo, Instagram @triptelukbiru

A. Alternatif 1 (Pintu Rowobendo)
Yaitu jalur Pantai Utara yang melewati Kab. Situbondo hingga memasuki Kota Banyuwangi berlanjut menuju Kalipait terus ke selatan memasuki Hutan Produksi hingga pintu gerbang Rowobendo Taman Nasional Alas Purwo, sebagaimana gambar peta dibawah. Untuk para pengunjung yang menggunakan angkutan umum setelah sampai di Terminal Ketapang dilanjut dengan mikrolet / Lyn menuju Terminal Karangente, lanjut dengan Bus Mini tujuan Kalipait. Dari Kalipait untuk menuju Rowobendo Taman Nasional Alas Purwo dilanjutkan dengan menggunakan Ojek.

B. Alternatif 2 (Pintu Bedul)
Yaitu jalur dari arah Kab. Jember melalui Gunung Gumitir sampai pertigaan Benculuk belok kanan menuju arah Purwoharjo. Dari Purwoharjo selanjutnya mengikuti arah petunjuk menuju Wisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo. Untuk yang menggunkan angkutan umum dengan menggunkan Bus dari Jember, sampai pertigaan Benculuk berganti dengan angkutan umum yang ada di Benculuk dengan tujuan Purwoharjo selanjutnya menggunakan Ojek menuju Wisata Mangrove Bedul Taman Nasional  Alas Purwo.

C. Alternatif 3 (Pintu Plengkung)
Yaitu langsung dari Bali melalui jalur perairan/ laut menggunakan Speed Boat menuju Pantai Plengkung. Perjalanan dari Bali menggunakan Speed Boat milik Pengusaha pariwisata alam yang ada ada di Plengkung.

D. Alternatif 4 (Pintu Resort Tanjung Pasir Wringinputih).
Yaitu melalui dermaga yang ada di Kantor Resort Tanjung Pasir Taman Nasional Alas Purwo yang ada di dusun Krajan Desa Wisata Wringinputih Kecamatan Muncar. Jalur atau Rute ini melalui akses Sungai Setail yang berada tepat di Depan Kantor Resort Tanjung Pasir Wringinputih.

Dengan menggunakan sarana transportasi Perahu Jukung oleh Nelayan Desa Wringinputih , Akses menuju ke Wisata Taman Nasional Alas Purwo sisi Barat dan Timur Semenanjung Sembulungan dapat dilakukan diantaranya Wisata Keliling Teluk Pangpang disisi Barat Semenanjung Sembulungan, sedangkan disisi Timur; mulai Kelip, Watu Bantal, Tanjung Gebang, Pasir Putih, kayu Aking, Goa Lawa, Anjir, Bringinan, Watu Kapal, Pasir Pendek, Perpat, Payaman, Teluk Banyu Biru, Pantai Air Tawar, Sampai ke Kapal Pecah. Sumber:TN Alas Purwo

Booking Wisata Teluk Banyu Biru DISINI.
Previous
Next Post »