Eloknya Teluk Banyu Biru Wringinputih Muncar Banyuwangi

Eloknya Teluk Biru Muncar Banyuwangi
Luar Biasa, Pantai Teluk Banyu Biru Wringinputih Muncar Banyuwangi, Instagram @triptelukbiru
Berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo yang katanya terkenal "angker" menjadikan tempat berikut jauh dari jangkauan penduduk apalagi para wisatawan. Berlokasi di kecamatan Muncar Banyuwangi, juga berada pada semenanjung Sembulungan dimana mempunyai air relatif tenang, tempat wisata ini sangat cocok untuk kegiatan snorkling, diving, ski air, swimming, serta kanoing.

Kawasan semenanjung Sembulungan merupakan Fishground Area yaitu kawasan tangkap ikan bagi para nelayan Muncar Banyuwangi. Tempat ini juga dikenal sebagai wilayah kantong ikan, karena ikan-ikan yang datang kesini tidak akan pergi lagi karena warna air biru menenangkan. Itulah sebabnya destinasi wisata ini dinamakan Teluk Biru atau Blue Bay Banyuwangi.

Dulunya para nelayan menangkap ikan dengan cara ilegal antara lain dengan menggunakan bom atau potasium, namun seiring waktu & sosialisasi yang tepat pada penduduk setempat, bom dan potasium telah dihentikan.

Teluk Banyu Biru, Blue Bay Banyuwangi

Keindahan salah satu tempat snorkeling di Banyuwangi ini memang tidak dapat dipandang sebelah mata, panorama bawah lautnya memang sangat memanjakan mata anda ketika pertama kali bersnorkling ditempat ini. Sementara pantai berpasir putih menjadikan mata jernih & segar saat dipadu dengan warna air laut.

Tempat wisata ini dipisahkan oleh tanjung kecil dengan kawasan pantai Perpat. Dibagian tengah, terdapat sungai (sunglon) yang disampingnya terdapat tonjolan daratan disebut sebagai Legon. Pada zona Legon inilah perairannya relatif tenang dan dapat  digunakan untuk beristirahat diatas perahu tanpa takut terkena goncangan ombak.

Dibelakang terkadang kita akan menemukan binatang lutung (sebangsa monyet) bergelayutan dari pohon satu ke pohon lainnya. Tak jarang pula dari kejauhan nampak elang laut sedang terbang dan mencari makan untuk anak-anaknya. Hal tersebut bisa menjadi selingan menarik saat bersantai disepanjang pantai yang juga ditumbuhi oleh lamun (rumput laut).

Jika anda beruntung terkadang terdapat bintang laut yang merupakan binatang khas daerah ini sedang terdampar akibat terseret ombak, jadi sekalian anda bisa berselfie bareng hewan laut tersebut, hehehehe... ^_^.

Disaat pagi menjelang, jika cuaca sedang bagus kita pun bisa menikmati sunrise dari tempat wisata ini.

Rute ke Teluk Biru Muncar Banyuwangi
Rute menuju Pantai Teluk Banyu Biru, Blue Bay Wringinputih Muncar, bisa anda mulai dari Surabaya kemudian ikuti saja jalur propinsi menuju Jember lalu terus ke arah Timur menuju Banyuwangi. Detail rutenya seperti ini : Surabaya - Sidoarjo - Pasuruan - Probolinggo -Lumajang - Jember - Banyuwangi.

Sesampainya di Genteng Banyuwangi ambil arah menuju Muncar. Sesampainya di Lampu Merah Perempatan Tembokrejo ambil arah ke Kanan menuju Pasar Sumberayu. Dari Pasar Sumberayu (depan Pasar Sumberayu ada pintu gerbang, Regol, ke arah kiri (timur) menuju desa Wisata Wringinputih kurang lebih 2 KM, sampai Dermaga Selayar (googlemaps), (Muara Sungai Setail) silakan menanyakan informasi tentang cara untuk menyewa perahu menuju ke lokasi Blue Bay Banyuwangi.

Sekedar informasi, untuk dapat menikmati Pantai Teluk Banyu Biru, Blue Bay Banyuwangi mewajibkan anda untuk menaiki perahu menuju tempat ini dan tentunya booking perahu harus dilakukan terlebih dahulu jauh-jauh hari, karena memang keterbatasan akomodasi yang tersedia disana. Dan apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya pada pagi / siang hari.

Demikian informasi tentang Teluk Biru Muncar Banyuwangi, semoga bisa menjadi referensi anda berwisata ke Banyuwangi. Disadur dari http://www.banyuwangitouragent.com/2016/06/teluk-biru-muncar-banyuwangi.html

Info lebih lanjut (Penelitian, Riset, Wisata Bahari, Wisata Mancing, Wisata Edukasi Mangrove)
WhatsApp 0813-3260-1899
Call/ SMS 0812-4947-305
Instagram @triptelukbiru
Instagram @malisaifudin
Instagram @pesonawringinputih
Previous
Next Post »